Setetes Air, Penting nggak tuch ???

Setetes Air, Penting nggak tuch ???



AIR ???

Apa itu air ???
Secara awam Air itu sesuatu yang encer atau cair.

Ada juga yang menyebutkan Air itu sesuatu yang dapat diminum dan menyegarkan serta dapat menghlangkan rasa haus yang melanda pada tubuh.

Ada juga yang menyebutkan Air itu sesuatu yang berguna bagi makhluk hidup di bumi.

Ada juga yang menyebutkan Air itu suatu unsur.

Jadi, kalau disimpulkan Air adalah suatu unsur yang dilihat secara kasat mata berwujud cair dan sangat berguna bagi makhluk hidup yang hidup di bumi ini.

Di bumi, air menutupi hampir -+ 71% permukaan bumi. Air sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es, akan tetapi Air juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, danau, uap air dsb. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu : melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air), dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujud tersebut. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan kutub selatan planet Mars. Di Indonesia penggunaan air telah diatur pada UU nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air


Kegunaan Air Bagi Semua Makhluk Hidup ???

Air sangat berguna bagi semua makhluk hidup, jika air habis dimuka bumi ini, tidak ada SETETESpun air di bumi yang kita tinggali ini, saya pastikan tidak akan ada makhluk hidup yang hidup di bumi ini, sebagai contoh :

TUMBUHAN

Tumbuhan akan membutuhkan air, karena pada air banyak bahan-bahan yang dibutuhkan bagi tumbuhan. Coba anda bayangkan jika dibumi ini tidak ada SETETES air untuk tumbuhan, sudah dipastikan rantai makanan akan putus diawal, kenapa demikian ? karena tumbuhan adalah produsen. jika produsen tidak ada dimuka bumi ini, sudah dipastikan pula, sedikit demi sedikit makhluk hidup yang ada dibumi yang kita tinggali ini akan punah.

HEWAN

Hewan juga membutuhkan air untuk minum. Jika dibumi ini tidak ada SETETES air untuk hewan. Maka manusia tidak akan pernah makan daging hewan, dan siklus rantai makanan akan terhambat.

MANUSIA

Kita manusia juga membutuhkan air untuk minum, mengapa demikian ? karena sel-sel dalam tubuh kita dapat efisien menjalankan tugasnya. Jika dibumi ini tidak ada SETETES air untuk kita, maka sudah dipastikan kita akan meninggalkan bumi ini untuk selamanya.


MENGAPA AIR DAPAT MEMPERTAHANKAN KESEHATAN KITA ???
Karena:

1. Air berguna untuk memperlancar sistem pencernaan.
mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan. Sehingga ita akan terhindar dari masalah pencernaan. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air berguna untuk menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan emanjuran air putih.

3. Air berguna untuk membuat tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mngkin dapat bertahan kekurangan makanan beberapa hari daripada kekurangan air. Mengapa demikian ? Karena air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

4. Air berguna untuk perawatan kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh kita akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar sekaligus melembabkan dan menehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8-10 gelas sehari.

5. Air membuat tubuh kita bebas bergerak
Sendi-sendi tulang bahkan otot tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak terdapat pelumas yang dihasilkan air. Yang membantu melenturkan tubuh kita.

6. Membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

7. Air berguna sebagai mediator pembuang racun dalam tubuh.
Air juga dapat berfungsi sebagai mediator pembuang racun dalam tubuh dan keluar dalam bentuk air seni. Jadi, disarankan untuk anda untuk tidak meminum air putih sembarangan.

8. Air berguna untuk membantu sirkulasi oksigen ke seluruh sel tubuh.
Jika kita kekurangan air, maka suplai oksigen akan terhambat dan efeknya akan fatal terhadap tubuh kita.

9. Semua vitamin, mineral, protein, hormon dan zat perantara kimiawi memerlukan air untuk sampai ke tujuannya.
Jika tidak ada SETETESpun air dalam tubuh maka vitamin, mineral, protein, hormon dan zat perantara kimiawi tersebut tidak akan bekerja secara maksimal.

10. Air diperlukan oleh semua sistem pencernaan dan eliminasi.

11. Air mencegah sembelita dan hemoroif (wasir/ambeyen)
Air menjaga agar usus tetap terdehidrasi dan tinja cukup lunak sehingga tinja tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan tanpa halangan.

12. Air dapat membantu mengurangi retensi air (pembengkakan tangan, kaki, tungkai dan perut).

13. Air dapat menjaga hati kita tetap sehat. Air membantu membilas toksin keluar dari hati
Kekurangan air atau tidak ada SETETESpun air dalam hati akan membebani hati kita dan dapat menimbulkan kelelahan, alergi, serta gangguan pencernaan dan eliminasi. Metabolisme menjadi lamban, dan lemak akan menumpuk karena hati kita tidak mampu secara efisien mengurai lemak yang ada di tubuh kita.

14. Air mencegah infeksi saluran kemih dengan membantu tubuh membilas keluar toksi dan bakteri berbahaya.

Pasokan Air Dalam Tubuh.

Pasti kalian bertanya pada diri kalian, "Air apakah yang layak untuk diminum ?". Sebenarnya semua air yang telah di proses sedemikian rupa dapat diminum contoh : air yang disaring secara osmosis atau disaring dengan karbon, semuanya memiliki keunggulan, silahkan diminum. Sebaiknya pilihlah air yang telah dimurnikan, baik dalam bentuk botol yang dibeli maupun kita murnikan sendiri.

Kalian juga pasti bertanya pada diri kalian "Apa yang harus kita lakukan agar tubuh kita cukup pasokan air ?". Mudah saja, kalian tinggal ikuti cara berikut ini, semoga bermanfaat :

1. Minumlah 8 gelas air setiap hari.

2. Konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung air.

3. Bawalah sebotol air kemanapun kita pergi.

4. Masukkan seiris jeruk lemon untuk menambah rasa dan membantu membersihkan usus dan hati.

5. Air pada suhu kamar adalah air yang terbaik untuk pencernaan. Air yang terlalu panas atau dingin, dapat mempengaruhi proses pencernaan.

6. Hindari kopi dan alkohol.

Konservasi Sumber Daya Air

Krisis , krisis dan krisis sedang melanda bangsa kita ini. Banyak krisis yang melanda, salah satunya krisis air bersih yang sedang melanda di Indonesia mungkin di Dunia, krisis air bersih adalah keadaan di mana suatu daerah kesulitan untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk di gunakan. UNESCO memprediksi bahwa pada tahun 2020 DUNIA akan mengalami krisis air global, lho koq bisa ? karena . . .

1. Penduduk dunia yang semakin meningkat, diperkirakan penduduk dunia yang kini berjumlah kurang lebih berjumlah 5,3 miliar mungkin akan meningkat menjadi 8,5 miliar pada tahun 2025. jadi semakin banyak penduduk maka kebutuhan akan air semakin banyak.

2. Sumber-sumber air semakin dicemari oleh limbah industri yang tidak diolah atau karena penggunaanya yang melebihi kapasitasnya untuk diperbaharui.

3. Besarnya alih fungsi hutan dan juga banyaknya penebangan hutan.

4. Penggunaan air yang tidak efisien baik secara individual maupun secara sistem.

Kemudian, Forum Air Dunia II ( World Water Forum ) di Den Haag pada Maret 2000 juga memprediksi bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang akan mengalami krisis air pada 2025. Memang memprihatinkan, mudah-mudahan hal ini tidak terjadi di Indonesia. mengapa demikian ? Perlu anda ketahui bahwa Indonesia menduduki urutan ke-5 diantara negara-negara yang kaya air setelah Brazil, Rusia, Cina, dan Kanada. Mengapa Forum Air Dunia ( World Water Forum ) memprediksi demikian karena penyebabnya adalah kelemahan dalam pengelolaan air. Salah satunya di antaranya pemakaian air yang tidak efisien. Laju kebutuhan akan sumber daya air dan potensi ketersediaannya sangat tidak seimbang dan semakin menekan kemampuan alam dalam mennyuplai air. Kelangkaan air semakin meningkat, sementara pertumbuhan penduduk yang pesat disertai dengan pola hidup yang semakin menuntut penggunaan air yang berlebihan semakin menambah tekanan terhadap kuantitas air.

Oleh karena itu kita sebagai generasi muda dan mudi penerus bangsa harus melestarikan air. salah satu caranya adalah dengan KONSERVASI SUMBER DAYA AIR.

Apa itu konservasi ???

Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan, tetapi tetap memperhatikan,manfaat yang dapat diperoleh pada saat itu dengan tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan di masa yang akan datang.

Salah satu cara konservasi tersebut adalah dengan membuat sumur resapan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung dan menyimpan curahan air hujan yang dapat menambah kandungan air tnah. Sehingga, jumlah air hujan yang meresap kedalam tanah bertambah banyak. Dengan demikian resiko genangan air hujan atau banjir menjadi kecil.

Sumur Resapan adalah sistem resapan buatan yang dapat menampung air hujan akibat adanya penutupan tanah oleh bangunan, baik dari lantai bangunan maupun dari halaman yang diplester atau diaspal yang dialurkan melalui atap, pipa talang, maupun saluran, dapat berbentuk sumur, kolam dengan resapan, saluran porous, dan sejenisnya.

MANFAAT SUMUR RESAPAN

Sumur resapan merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara untuk mengkonservasi air tanah. Caranya dengan membuat bangunan berupa sumur yang berfungsi untuk memasukkan air hujan kedalam tanah. Ada beberapa manfaat sumur resapan diantaranya :

1. Menambah jumlah air yang masuk kedalam tanah sehingga dapat menjaga kesetimbangan hidrologi air tanah sehingga dapat mencegah intrusi air laut.

2. Mengisi pori-pori tanah yang akan mencegah terjadinya penurunan tanah.

3. Mereduksi dimensi jaringan drainase.

4. Menurunkan konsentrasi pencemaran air tanah.

5. Mempertahankan tinggi muka air tanah.

6. Mengurangi limpasan permukaan sehingga dapat mencegah banjir.

7. Mungkin bisa menjadi solusi masalah krisis air bersih di Indonesia

Nah, sekarang keputusan anda apakah penting setetes air untuk kehidupan ???
Penting nggak tuch setetes air ???

jika menurut kalian penting, ayo wujudkan gerakan peduli lingkungan, wujudkan gerakan cinta air, jangan cemari air, jangan kotori air, berbaik hatilah kepada air, jika tidak maka air akan marah, air akan menenggelamkan anda.

AIR UNTUK MASA DEPAN SEMUA MAKHLUK HIDUP

7 Comments

  1. semua orang yg baca ini bakal bilang Air itu penting ,,hehehe,,kita semua tahu kalo keberadaan air begitu dibutuhkan,,manusia aja lebih memilih tidak makan dari pada tidak minum air,,karena begitu pentingnya.
    thanks gan

    ReplyDelete
  2. Ternyata air memiliki banyak manfaat bagi mahluk hidup. sudah semestinya kita hati hati dalam menggunakannya

    ReplyDelete
  3. Bener banget itu mas bro.semua membutuhkan air baik itu alam maupun manusia.kita harus menghemat pasokan air juga mas bro,mungkin setetes airpun lebih berharga pada orang yang membutuhkan disana :)

    ReplyDelete
  4. jangan pernah bermusuan denga air biar tidak datang yang namanya sunami

    ReplyDelete
  5. ane nggak bisa ngebayangin klo nggak ada air dimuka bumi ini..wahhh mati semua dehh...:D

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post