Networking Dasar


Jaringan Komputer adalah sebuah interkoneksi atau saling keterhubungan antara kelompok-kelompok komputer dengan kelompok lain.Komputer akan menjadi satu kesatuan sehingga saling mengakses menjadi satu kesatuan sehingga bisa saling mengakses dan bertukar data tanpa harus membawa sebuah media ke computer satu dengan yang lain.

Pembuatan jaringan computer biasanya tidak hanya melibatkan computer juga menggabungkan piranti-piranti seperti phonecell,printer dsb.Dibawah ini jenis jaringan computer dilihat dari cara pemprosesan data ada 3,yaitu :
1. Host Terminal = Terdapat sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam sebuah dumb-dumb terminal karena dumb terminal hanya asebuah monitor yang dihubungkan menggunakan kabel RS 232 dalam pemprosesan data yang dilakukan server.
2. Client Server = Terdapat sebuah server atau lebih yang dihubungkan ke beberapa client.Server bertugas menyediakan layanan,bermacam-macam jenis layanan yang diberikan oleh server,misalnya pengaksesan berkas,peripheral,database,dll.Sedangkan client adalah sebuah terminal yang menggunakan layanan tersebut.
3. Pear to pear = Hubungan pear to pear adalah bahwa setiap computer dapat berfungsi sebagai server dan client.Keduanya dapat difungsikan dalam waktu yang bersamaan.
Jaringan dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. LAN = Sebuah jaringan kecil yang ruang lingkupnya kecil.
2. WAN = Ruang lingkupnya lebih besar dari LAN dan jumlah jaringan nya juga lebih besar.Contoh MAN,Internet.
3. Wireless LAN/WLAN/WWAN/ yang menggunakan eknologi wireless.
4. Internet= sekumpulan jaringan yang ruang lingkupnya terbesar yang tersebar diseluruh dunia yang saling terhubung.Medium yang digunakan jaringan:
• Kabel Twisted Pair
• Kabel tembaga copper wire
• Kabel coaxial
• Teknologi wireless
• Kabel Fiber Optic
• Perangkat keras jaringan = Perangkat keras jaringan yang berfungsi sebagai komponen penghubung yang menghubungkan simpul-simpul jaringan spt NIC,Bridge,Hub ,Switch dan Router.

Post a Comment

Previous Post Next Post