Air Untuk Masa Depan Semua Makhluk Hidup



Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA - IT's about Us : Air untuk Masa Depan - Saat ini kita, lebih tepatnya Bangsa Indonesia sedang menghadapi masa-masa sulit yaitu masa dimana Bangsa indonesia sedang dilanda berbagai masalah salah satunya adalah masalah cuaca. Masalah cuaca ini sangat membuat Bangsa ini menjadi kesusahan atau menderita karena adanya masalah cuaca seperti adanya daerah yang kekurangan dan adapula daerah yang kelebihan air.

Akhir-akhir ini saya amati cuaca di Indonesia tidak menentu, kadang pada hari ini hujan besok tidak hujan, kadang pada pagi hari cerah pada sore harinya malah sebaliknya, kadang pada pagi hari hujan sore harinya malah cerah. Cuaca pada akhir-akhir ini tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Peristiwa ini disibebkan oleh adanya pemanasan global.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tentang masalah air. AIR ? dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan membutuhkan barang yang satu ini yang bernama air.

AIR

Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi kebutuhan semua makhluk hidup yang diketahui sampai saat ini di bumi, tidak di planet lain. Di bumi yang kita tinggali ini air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Air sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, danau, uap air dsb. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu : melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air), dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujud tersebut. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan kutub selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Di Indonesia penggunaan air telah diatur pada UU nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air

KEGUNAAN AIR DALAM KEHIDUPAN MAHKLUK HIDUP

Setiap makhluk hidup baik itu manusia, tumbuhan, maupun hewan pasti membutuhkan barang ini yang sering kita sebut air. contohnya : manusia pasti akan membutuhkan air untuk minum, mandi, mencuci pakaian, dsb. Coba Anda bayangkan bagaimana manusia kekurangan air tidak ada setetespun air. Mungkin di bumi ini tidak akan ada manusia. Kemudian tumbuhan, tumbuhan juga pasti akan membutuhkan air untuk tumbuh dan sebagai suplemen tumbuhan tersebut. Coba anda bayangkan jika tumbuhan tersebut juga kekurangan air. Mungkin manusia akan kekurangan oksigen dalam tubuh manusia. Karena tumbuhan adalah penghasil terbesar oksigen untuk manusia. Kemudian hewan, hewan juga membutuhkan air untuk kehidupannya. coba anda bayangkan jika hewan kekurangan air. Mungkin siklus rantai makanan di bumi tidak akan berjalan dengan baik. Seperti keterangan diatas bahwa air sangat berguna bagi semua makhluk hidup di bumi . Jika tidak ada air mungkin tidak ada kehidupan di bumi yang kita tinggali ini.

KEGUNAAN AIR DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Air dalam tubuh kita diantaranya berfungsi untuk menjaga kesegaran, membantu pencernaan, dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah kalian ternyata dibalik manfaat yang di reguk dari air putih, selain nkmatnya kesegaran yang di peroleh. Ternyata banyak hal yang bermanfaat yang di kandung air putih. Mungkin anda belum pernah menemukannya selain nikmatnya kesegaran yang di peroleh. Kegunaan air dalam kehidupan manusia yang mungkin belum pernah anda temukan di antaranya :

1. Air berguna untuk memperlancar sistem pencernaan.
mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan. Sehingga ita akan terhindar dari masalah pencernaan. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air berguna untuk menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan emanjuran air putih.

3. Air berguna untuk membuat tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mngkin dapat bertahan kekurangan makanan beberapa hari daripada kekurangan air. Mengapa demikian ? Karena air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

4. Air berguna untuk perawatan kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh kita akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar sekaligus melembabkan dan menehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8-10 gelas sehari.

5. Air membuat tubuh kita bebas bergerak
Sendi-sendi tulang bahkan otot tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak terdapat pelumas yang dihasilkan air. Yang membantu melenturkan tubuh kita.

6. Membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

7. Air berguna sebagai mediator pembuang racun dalam tubuh.
Air juga dapat berfungsi sebagai mediator pembuang racun dalam tubuh dan keluar dalam bentuk air seni. Jadi, disarankan untuk anda untuk tidak meminum air putih sembarangan.

8. Air berguna untuk membantu sirkulasi oksigen ke seluruh sel tubuh.
Jika kita kekurangan air, maka suplai oksigen akan terhambat dan efeknya akan fatal terhadap tubuh kita.

KRISIS AIR

Krisis , krisis dan krisis sedang melanda bangsa kita ini. Banyak krisis yang melanda, salah satunya krisis air bersih yang sedang melanda di Indonesia mungkin di Dunia, krisis air bersih adalah keadaan di mana suatu daerah kesulitan untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk di gunakan. UNESCO memprediksi bahwa pada tahun 2020 DUNIA akan mengalami krisis air global, mengapa demikian? karena . . .

1. Penduduk dunia yang semakin meningkat, diperkirakan penduduk dunia yang kini berjumlah kurang lebih berjumlah 5,3 miliar mungkin akan meningkat menjadi 8,5 miliar pada tahun 2025. jadi semakin banyak penduduk maka kebutuhan akan air semakin banyak.

2. Sumber-sumber air semakin dicemari oleh limbah industri yang tidak diolah atau karena penggunaanya yang melebihi kapasitasnya untuk diperbaharui.

3. Besarnya alih fungsi hutan dan juga banyaknya penebangan hutan.

4. Penggunaan air yang tidak efisien baik secara individual maupun secara sistem.

Kemudian, Forum Air Dunia II ( World Water Forum ) di Den Haag pada Maret 2000 juga memprediksi bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang akan mengalami krisis air pada 2025. Memang memprihatinkan, mudah-mudahan hal ini tidak terjadi di Indonesia. Perlu anda ketahui bahwa Indonesia menduduki urutan ke-5 diantara negara-negara yang kaya air setelah Brazil, Rusia, Cina, dan Kanada. Mengapa Forum Air Dunia ( World Water Forum ) memprediksi demikian karena penyebabnya adalah kelemahan dalam pengelolaan air. Salah satunya di antaranya pemakaian air yang tidak efisien. Laju kebutuhan akan sumber daya air dan potensi ketersediaannya sangat tidak seimbang dan semakin menekan kemampuan alam dalam mennyuplai air. Kelangkaan air semakin meningkat, sementara pertumbuhan penduduk yang pesat disertai dengan pola hidup yang semakin menuntut penggunaan air yang berlebihan semakin menambah tekanan terhadap kuantitas air.

KONSERVASI AIR TANAH

Dengan semakin meningkatnya pemanfaatan air tanah yang berlebihan telah mengakibatkan terjadinya penurunan muka air tanah dan menyebabkan terjadinya intrusi air laut dan penurunan tanah. Salah satu upaya untuk melestarikan air tanah adalah dengan membuat sumur resapan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung dan menyimpan curahan air hujan yang dapat menambah kandungan air tnah. Sehingga, jumlah air hujan yang meresap kedalam tanah bertambah banyak. akibatnya jumlah air hujan berkurang. Dengan demikian resiko genangan air hujan atau banjir menjadi kecil.
Sumur Resapan adalah sistem resapan buatan yang dapat menampungair hujan akibat adanya penutupan tanah oleh bangunan, baik dari lantai bangunan maupun dari halaman yang diplester atau diaspal yang dialurkan melalui atap, pipa talang, maupun saluran, dapat berbentuk sumur, kolam dengan resapan, saluran porous, dan sejenisnya.

MANFAAT SUMUR RESAPAN

Sumur resapan merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara untuk mengkonservasi air tanah. Caranya dengan membuat bangunan berupa sumur yang berfungsi untuk memasukkan air hujan kedalam tanah. Ada beberapa manfaat sumur resapan diantaranya :

1. Menambah jumlah air yang masuk kedalam tanah sehingga dapat menjaga kesetimbangan hidrologi air tanah sehingga dapat mencegah intrusi air laut.

2. Mengisi pori-pori tanah yang akan mencegah terjadinya penurunan tanah.

3. Mereduksi dimensi jaringan drainase.

4. Menurunkan konsentrasi pencemaran air tanah.

5. Mempertahankan tinggi muka air tanah.

6. Mengurangi limpasan permukaan sehingga dapat mencegah banjir.

7. Mungkin bisa menjadi solusi masalah krisis air bersih di Indonesia



Ternyata dari postingan diatas, AIR sangat berguna bagi semua makhluk hidup di bumi yang kita tinggali ini. Coba saja kalian bayangkan jika di bumi yang kita tinggali ini tidak ada air, tidak ada air setetespun. Mungkin tidak akan ada makhluk hidup di bumi ini. Jadi, kita generasi penerus harus bisa memanfaatkan air sebaik mungkin, berusaha untuk air tetap ada di bumi ini, berusaha untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat menyebabkan banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon, melakukan reboisasi di hutan-hutan yang banyak ditebangi pohonnya, dan juga melakukan konservasi air tanah, agar air tanah tetap ada sampai kapanpun.

Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat.

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post